Tak Bisa Berbahasa Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Kritikan

SILVER BOLA – Pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, melontarkan kritik kepada Pelatih Timnas IndonesiaShin Tae-yong. Namun, kali ini, bukan soal strategi atau pilihan taktik pelatih asal Korea Selatan itu yang menjadi sasaran kritiknya.

Coach Justin, sapaan karib Justinus Lhaksana, mengkritik Shin Tae-yong soal aspek nonteknis. Hal yang menjadi sasaran kritik tersebut adalah tidak bisanya Shin Tae-yong berbahasa Indonesia.

Menurut Justin, Shin Tae-yong sudah empat tahun di Indonesia. Namun, pelatih berusia 53 tahun ini masih tidak bisa berbahasa Indonesia.

Dan, itu jadi masalah,” tutur Justin, dalam kanal YouTube Justinus Lhaksana.

Di Timnas Indonesia, mereka berbicara bahasa Korea, Belanda, Inggris, dan Indonesia, which is not good, sambungnya.

Menurut Justin, seharusnya, Shin Tae-yong berusaha belajar bahasa Indonesia. Ia menilai, bahasa Indonesia sangat mudah di pelajari, termasuk oleh warga negara asing.

Ini masalah niat saja. Niat atau nggak? tukasnya.

Justin pun membandingkan bahasa Indonesia dengan bahasa Spanyol. Menurutnya, bahasa Spanyol sangat susah di pelajari.

Padahal, saya bisa bahasa Belanda, Inggris, dan Jerman, sambung pria berdarah Belanda ini.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.Tak Bisa Berbahasa Indonesia, Shin Tae-yong Dapat KritikanBaru Balik dari Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Elkan Baggott Resmi Di pinjamkan Ipswich Town ke Bristol Rovers

Wajib Belajar Bahasa Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang melawan Irak di laga perdana.

Saking pentingnya bahasa Indonesia, Justin menyebut bahwa Shin Tae-yong wajib belajar untuk berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Bahkan, bila perlu, hal ini di masukkan ke dalam klausul kontraknya, jika Shin Tae-yong di perpanjang.

Bahkan, kalau saya jadi Erick Thohir (Ketua Umum PSSI), kalau ia mau memperpanjang, ia wajib belajar Bahasa Indonesia, tegasnya.Arigatou! Kelolosan Jepang ke Perempat Final Piala Asia 2023 tak Lepas Dari Peran Timnas IndonesiaPSSI Di pastikan Tak Cari Sosok Pengganti Shin Tae-yong

Kurang Komunikasi dengan Klub

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Selain itu, ada lagi kritikan Justin kepada Shin Tae-yong. Eks pelatih Korea Selatan tersebut dinilainya kurang menjalin komunikasi dengan klub, pemilik klub, juga dengan pelatih.

“Ini juga karena kendala bahasa. Kan penting kalau head coach punya kedekatan dengan klub,” tutur Justin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *