Ruben Loftus-Cheek, Trequartista Baru AC Milan

Ruben Loftus-Cheek mencetak gol ke gawang Rennes di play-off Liga Europa (c) AP Photo/Antonio Calanni

SILVERBOLA – Kemenangan AC Milan pada duel lawan Rennes memberi pelajaran penting. Milan kini sudah punya trequartista baru pada diri Ruben Loftus-Cheek.

Milan berjumpa Rennes pada leg pertama play-off Liga Europa 2023/2024. Bermain di San Siro pada Jumat (16/2/2024) dini hari WIB, Rossoneri menang telak. Milan menang tiga gol tanpa balas atas tamunya.

Loftus-Cheek menjadi bintang bagi Milan. Pemain asal Inggris itu mencetak dua gol bagi Milan. Satu gol lainnya dicetak Rafael Leao.

Pada duel ini, Stefano Pioli bermain dengan formasi 4-2-3-1. Pioli memainkan Loftus-Cheek sebagai trequartista atau pemain yang berada di belakang penyerang tengah.

Peran Baru untuk Loftus-Cheek di AC Milan

Selebrasi Ruben Loftus-Cheek di laga AC Milan vs Rennes, play-off fase gugur Liga Europa 2023/2024 (c) AP Photo/Antonio Calanni

Musim lalu, Milan punya Brahim Diaz yang jadi trequartista. Namun, Brahim Diaz harus kembali ke Real Madrid. Milan lantas mendatangkan Loftus-Cheek untuk menambah kekuatan di lini tengah.

Loftus-Cheek bukan pengganti Brahim Diaz. Mereka punya gaya bermain yang berbeda. Eks pemain Chelsea itu lebih sering memainkan peran sebagai gelandang tengah daripada gelandang serang.

Namun, Pioli belakangan mengubah perannya lebih maju. Loftus-Cheek bermain sebagai gelandang serang. Dia berada di belakang Olivier Giroud sebagai penyerang utama. Performa Loftus-Cheek pun moncer.

Dari sembilan laga sebagai trequartista, Loftus-Cheek mampu mencetak empat gol untuk Milan. Kini, Milan tidak lagi perlu meratapi kepergian Brahim Diaz dan Hakan Calhanoglu.

Loftus-Cheek Menikmati Peran Barunya di AC Milan

Serie A 2023/2024: Selebrasi gol Ruben Loftus-Cheek dalam laga AC Milan vs Bologna di pekan 22 (c) AP Photo/Antonio Calanni

Loftus-Cheek telah memainkan berbagai peran di AC Milan. Selain gelandang tengah dan serang, pemain 28 tahun juga pernah dimainkan sebagai gelandang bertahan. Loftus-Cheek sendiri mengaku nyaman sebagai trequartista.

“Saya telah berusaha untuk mendapatkan posisi yang tepat untuk mencetak gol dan sekarang berjalan dengan baik,” kata Loftus-Cheek di situs resmi UEFA.

“Ini adalah posisi yang saya nikmati karena saya semakin dekat dengan gawang. Saya mencoba menikmati diri saya di lapangan dan saya merasa bebas saat bermain sekarang. Rahasianya adalah saya berada dalam kondisi fisik yang baik,” ucap Loftus-Cheek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *