FIFA dan UEFA Resmi Memberikan Sanksi kepada Rusia Beserta Klub-Klubnya

FIFA dan UEFA Resmi Memberikan Sanksi kepada Rusia Beserta Klub-Klubnya

SILVER BOLA – Keputusan telah dibuat, FIFA dan UEFA menjatuhi hukuman kepada Rusia beserta klub-klubnya. Ini akibat imbas dari serangan militer ke Ukraina.

Seperti diketahui, Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan tenaga militernya untuk melakukan agresi ke Ukraina. Kyiv dan beberapa lokasi strategis dijadikan target serangan.

Keputusan ini membuat Rusia menjadi sorotan dari banyak negara. Aksi mereka dikutuk dan berbagai cara dilakukan untuk menghentikan Rusia menimbulkan kerusakan lebih parah tanpa harus memperlebar cakupan perang.

Salah satunya adalah melalui sepak bola. Roman Abramovich sampai harus melepas status kepemilikannya di Chelsea.

Kemungkinan terburuk tak terhindarkan setelah FIFA dan UEFA didesak untuk segera bertindak menyusul penolakan Republik Ceska, Polandia, dan Swedia bertanding melawan Rusia, yakni sanksi tegas.

FIFA dan UEFA memutuskan, bahwa Rusia, beserta sejumlah klub sepak bolanya, termasuk Spartak Moskva, dilarang ikut serta dalam kompetisi di bawah naungan kedua induk sepak bola itu, seperti Piala Dunia hingga Liga Champions.

Desakan dari Berbagai Pihak

logo fifa

Sebelum ini, FIFA dan UEFA menyatakan bahwa Rusia boleh terlibat dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar bulan Maret ini. Namun ada beberapa syarat yang wajib untuk dipenuhi tim besuan Valeri Karpin tersebut.

Beberapa persyaratan tersebut meliputi penggantian nama menjadi ‘Football Union of Russia’. Selain itu, Rusia juga harus bermain di tempat netral dan tidak boleh mengumandangkan lagu kebangsaan dan mengibarkan benderanya.

Namun kebijakan tersebut ditentang keras oleh beberapa negara, termasuk Polandia yang merupakan lawannya pada babak semifinal play-off. Mereka kemudian melakukan aksi boikot dan diikuti oleh dua negara lain, Republik Ceko dan Swedia.

Juara bertahan Piala Dunia, Prancis, pun ikut memberikan pernyataan tegas. Noel Le Graet selaku presiden federasi sepak bola Prancis mendesak UEFA dan FIFA untuk mendepak Rusia dari kompetisi bergengsi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *