Pengamat Sepak Bola Eropa Sebut Pochettino Cocok Latih Chelsea, Apa Iya?

SILVER BOLA – Pengamat sepak bola EropaGuillem Balague sebut Mauricio Pochettino akan menjadi pelatih yang cocok bagi Chelsea. Balague menerangkan bahwa Pochettino memiliki banyak kecocokan dengan profil Chelsea di bawah manajemen Todd Boehly.

Sebelumnya Todd telah memecat Thomas Tuchel dan Graham Potter setelah dianggap tidak cocok dengan Chelsea. Kedua pelatih tersebut dipecat setelah membuahkan hasil kurang baik bagi Chelsea di musim ini.

Frank Lampard yang ditunjuk sebagai pelatih sementara, nampaknya juga memperlihatkan ketidakcocokan dengan skuad Chelsea saat ini. Pasalnya Lampard hanya menang satu kali dari delapan laga sejak kembali menjadi pelatih Chelsea.

Melihat banyaknya pelatih yang tidak cocok, fans Chelsea mulai khawatir dengan performa Pochettino musim depan. Namun Balague mencoba meyakinkan fans Chelsea bahwa Pochettino merupakan sosok yang tepat bagi Chelsea saat ini.

Pelatih Top

Balague menerangkan bahwa salah satu alasan mengapa Pochettino akan cocok mengingat dirinya adalah pelatih top. Balague menilai Pochettino punya jam terbang tinggi untuk menangani skuad Chelsea saat ini.

Graham Potter yang menjadi pelatih Chelsea sebelumnya harus di akui kalah jam terbang dibandingkan Pochettino. Sementara Tuchel, tidak mendapatkan asupan pemain sebanyak Potter terlepas dirinya masuk dalam jajaran pelatih top. Terlebih Pochettino punya pengalaman lebih dari enam musim di Premier League bersama Southampton dan Spurs.

Balague menerangkan bahwa Pochettino beberapa kali mendapat tawaran melatih setelah dipecat PSG pada tahun 2021. Pochettino bahkan sempat menolak tawaran Chelsea demi mencentang banyak kecocokan dengan tim.

Dia tidak kekurangan tawaran sejak meninggalkan Paris, tetapi tidak ada yang mencentang kotak sebanyak yang dimiliki Chelsea, tentu saja dalam negosiasi putaran kedua dengan klub ini.”

“Dia bertekad untuk memastikan bahwa dia membuat pilihan yang tepat untuk majikan berikutnya – dan awalnya menolak Chelsea Todd Boehly sampai dia ditawari kontrol lebih (sebagai pelatih), tambah Balague.

Skuad Muda Berbintang

Skuat Chelsea merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Nottingham Forest, Sabtu (13/5/2023) (c) AP Photo/Kristy Wigglesworth

Skuad didominasi pemain muda bintang menjadi alasan lain mengapa Pochettino cocok. Pasalnya Pochettino punya riwayat yang cukup baik dalam mengembangkan bakat muda dalam suatu skuad.

Sebelumnya Pochettino cukup sukses melahirkan bakat muda seperti Luke Shaw, Eric Dier, hingga Dele Alli. Selain itu Pochettino juga dinilai cukup mampu mengatur para pemain bintang seperti yang dilakukannya saat melatih PSG.

Semuanya di Chelsea cocok. Ini adalah skuad muda, akademi yang berkembang ditambah dengan keinginan dari pemilik untuk membawa pemain muda, filosofi yang agresif dan dinamis dengan tekanan tinggi dan banyak energi.

Banyak (kecocokan) tentu saja, akan tergantung pada siapa yang bisa dia (Pochettino) bawa, dengan kebutuhan untuk menemukan striker jelas merupakan tujuan utama.

Jika Romelu Lukaku berhasil menghindari cedera, dia bisa menjadi pilihan, meskipun dia akan memilikinya untuk membuang beberapa pemain sebelum mempertimbangkan penambahan ke skuad, sambung Balague.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *