Hasil Piala Dunia 2022 Amerika Serikat vs Wales: Skor 1-1

SILVERBOLA – Pertandingan pertama Grup C antara Amerika Serikat vs Wales berakhir tanpa pemenang. Amerika bermain imbang 1-1 dengan Wales di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

Babak pertama menjadi milik Amerika sepenuhnya. Selain unggul dari segi possesion (66%) dan total tembakan (3), Amerika juga unggul satu gol lewat gol yang di sarankan Timothy Weah di menit ke-36

Wales gantian mendominasi di babak kedua. WalesS sukses menciptakan lebih banyak tembakan (5-3) di bandingkan Amerika. Wales juga berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82 lewat penalti Gareth Bale.

Hasil seri ini bisa di bilang adil bagi kedua tim yang hanya memainkan permainan terbaik mereka di masing-masing babak. Walaupun mungkin lebih berkesan bagi Wales yang akhirnya bisa merayakan gol setelah absen 64 tahun dari Piala Dunia.

Babak Pertama

Inisiatif yang dilakukan Amerika untuk menguasai bola cukup merepotkan Wales di awal pertandingan. Wales sendiri kesulitan untuk mengembangkan permainannya.

Hasilnya bisa di lihat di menit ke-9. Amerika mendapatkan dua peluang beruntun. Peluang pertama lahir dari salah antisipasinya Joe Rodon yang nyaris membobol gawang sendiri saat coba memotong umpan silang Timothy Weah.

Tak sampai semenit, Amerika kembali mendapatkan peluang. Kali ini Josh Sargent mendapatkan umpan silang matang, gagal menyundul bola dengan akurat dan bolanya hanya menyamping tipis dari gawang Wales.

Penguasaan bola Amerika sungguh dominan. Setengah jam pertandingan berjalan, Amerika unggul penguasaan bola mencapai 65 persen. Wales di sisi lain hanya mengandalkan serangan balik.

Penantian Amerika akhirnya terbayarkan di menit ke-36 lewat gol yang di sarangkan Weah. Ia berhasil lepas dari penjagaan Neco Williams dengan bergerak dari sayap ke tengah untuk mencari ruang kosong saat menerima umpan terobosan Christian Pulisic.

Sampai babak pertama, Amerika yang unggul dari penguasaan tampak kesulitan menyerang dengan hanya melepas tiga tembakan. Sementara Wales mampu ciptakan dua peluang, yang tak berbahaya.

Baca Juga : Hasil Piala Dunia 2022 Senegal vs Belanda: Skor 0-2

Babak Kedua

Wales mengubah pendekatan bermainnya di awal babak kedua. Anak asuhan Robert Page ini jadi lebih percaya diri menguasai bola.

Namun di saat yang bersamaan, Amerika juga mengubah pendekatan bermainnya dengan menurunkan blok pertahanannya.

Sampai menit ke-70, Amerika sama sekali tidak menciptakan tembakan lagi. Sementara Wales baru bisa mencatatkan tembakan tepat sasaran di menit ke-64.

Berawal dari tendangan bebas dekat dengan kotak penalti, bola menjadi liar karena tidak bisa di bersihkan Amerika. Ben Davies lalu muncul dari belakang melakukan sundulan sambil terbang. Arahnya tepat, tetapi dapat ditepis Matt Turner menjadi sepak pojok.

Kemudian di situasi sepak pojok, Kieffer Moore yang gantian mengancam. Ia mendahului Turner yang coba merebut bola. Tetapi sundulan Moore masih melambung tipis di atas mistar.

Serangan bertubi-tubi Wales akhirnya membuahkan hasil di menit ke-81. Walker Zimmerman melakukan pelanggaran terhadap Gareth Bale di kotak terlarang. Wasit utama Abdulrahman Ibrahim Al Jasim langsung menunjuk titik putih.

Bale yang maju sebagai algojo dengan tenang dan percaya diri mengeksekusinya. Tanpa ampun tendangannya ditembakkan dengan kuat ke sisi kiri Turner. Skor imbang di menit ke-82.

Wales kembali mendapatkan peluang di menit ke-89. Berawal dari serangan balik, Moore berhasil memberikan umpan terobosan kepada Brennan Johnson. Karena tidak ada opsi lain di kotak penalti, Johnson melepas tembakan dari sudut sempit yang dapat diamankan dengan mudah oleh Turner.

Peluang tersebut menjadi peluang berbahaya terakhir yang tercipta di pertandingan ini.

Susunan Pemain

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Antonee Robinson, Walker Zimmerman, Tim Ream, Sergino Dest (DeAndre Yedlin 74’); Yunus Musah (Kellyn Acosta 74’), Tyler Adams Weston McKennie (Brendan Aaronson 68’); Josh Sargent (Haji Wright 74’), Timothy Weah, Christian Pulisic.
Pelatih: Gregg Berhalter

Wales (3-4-3): Wayne Hennessey, Ben Davies, Joe Rodon, Chris Mepham; Neco Williams (Brennan Johnson 79’), Aaron Ramsey, Ethan Ampadu (Joe Morrell (90’+5), Connor Roberts; Dan James (Kieffer Moore 46’), Gareth Bale, Harry Wilson (Sorba Thomas 90’+3).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *